May 16, 2008

mogok

hari ini tidak ke mana mana. tidak ke kebun. cuman di kantor seharian. bakalan bosen deh.... hari jumat. bon bon pinjaman sudah di masukkan ke buku khusus pinjaman. trus laporan pinjaman mingguan sudah di kasi ke seketaris.. , pesanan sudah di beli, cuman tagihan jual buah aja yang belum di tagih. ..klo di minas sekarang hari pasar. jadi anggota pada belanja ke pasar. ada yg kerja juga sih.

sepertinya... akhir-akhir ini banyak yang mogok. ya walau karyawan sikit pun ternyata bisa mogok juga.


di kebun koko. karyawan nya mogok gr gr supsidi beras yang menjadi persoalan. bagi yang tinggal di dalam dan ujung lokasi biasanya di beri kira kira 12 kiloan beras. tapi kalau yang tidak mau tinggal di dalam lokasi. maunya tinggal di luar lokasi dekat perkampungan di mana listrik dan pasar begitu dekat. tidak di berikan supsidi beras. karena bagaimana pun yang tinggal di dalam lokasi itu tidak mendapatkan listrik dan super jauh dari pasar.


akhirnya anggota yang tinggal di luar demon dan mogok kerja. lantaran mereka tidak mengerti dan yang lain ikut2an. tapi syukur lah . setelah di jelasin. semua tidak ada masalah dan kerja berjalan seperti biasanya.


di kebun nya achen... orang kerja nya mengancam.. mogok " kalau harga segini tidak cocok lah. mending saya cari kerja lain " (yah ini lah percobaan mengancam yang di lakukan sebagian anggota , dengan harapan klo achen mo kasi tambah duit , ya hitung2 klo ancaman nya berhasil." ) anggota berpikir kita sedang dalam posisi yang membutuh kan karyawan jadi mau di kasi sedikit ancaman supaya mendapat duit. padahal uang yang di beri sudah lah layak. 50rb / harian kerja . sudah sangat pantas.


tetapi akhirnya achen membalas " ya sudah. sekarang juga pack baju kamu dari pondok dan saya antar ke kota minas "


tentunya di tempat yg aku jaga sendiri pun bermasalah. karyawan nya sudah dua hari mogok kerja lantaran pemborong nya tidak jelas dengan anggotanya sendiri. akhirnya pekerjaan terbengkalai....


sekarang memang lagi jaman nya mogok kerja..... padahal saat ini cari kerja sangat susah. tidak mudah.


sebenarnya kalau anggota merasa mereka membutuh kan. mereka harusnya bekerja sesuai dengan ketentuan yang sudah di setujui.
semoga mereka besok sudah cancel mogok deh....

No comments: